Media Kahot “Pengertian , Kelemahan dan Kelebihan”

Kahoot adalah permainan berbasis platform pembelajaran gratis, sebagai teknologi pendidikan. Kahoot adalah sebuah website di internet yang dapat menghadirkan suasana kuis yang meriah dan hebohke dalam kelas. Dengan bermain Kahoot ini pembelajaran menjadi sangat menyenangkan dan membuat para peserta didik tidak bosan mengikuti pembelajaran yang sangat sulit dimengerti. NAmun bermian Kahoot ini sangat memerlukan koneksi internet itulah syarat utamanya. Karena kuis atau pertanyaan yang tersedia dan dibuat menggunakan kahoot hanya bisa dimainkan secara online. Jadinya ada serunya dan ada gak enak juga sih karena yaitu jika tidak punya koneksi internetnya maka gak bisa bermain deh hanya bisa menonton saja. Namun ada kelebihanya juga sih yaitu sangat menariknya, kuis ini tidak hanya bisa dijalankan melalui PC, namun bisa dengan smartphone-pun bisa dengan syarat yang sama, bisa internet atau online. Kahoot terbagi menjadi dua yaitu untuk peserta dan untuk adminnya.

Ada dua langkah yang harus kita lakukan dalam bermain kuis dalam permainann Kahoot. Langkah pertama adalah membuat kuis kahoot, dan langkah kedua adalah memainkan kuis kahoot. Untuk membuat kuis dalam kahoot, anda dapat masuk ke https://create.kahoot.it/. Jika masih belum memiliki akun, lakukan registrasi terlebih dahulu. Kamu dapat menggunakan akun email gmail untuk melakukan registrasi. Berikutnya anda dapat mulai membuat kuis.Dalam proses pembuatan kuis, anda dapat menambahkan soal, altenatif jawaban, menentukan jawaban yang benar, dan pengaturan lain yang diperlukan. Setiap kuis yang dibuat secara otomatis tersimpan pada akun kahoot, jadi kamu dapat melihat kuis yang telah dibuat sebelumnya. Setelah kuis selesai dibuat, kamu dapat memainkan kuis di dalam kelas. Kuis yang akan dimainkan di dalam kelas diidentifikasi dengan sebuah PIN. Sebelum siswa mulai menampilkan kuis, anda harus mempublikasikan PIN terlebih dahulu, selanjutnya siswa dapat memainkan kuis baik secara individual maupun berkelompok melalui situshttps://kahoot.it/ dan memasukkan PIN yang telah diberikan.Selama kuis berjalan, anda memegang kontrol penuh terhadap kuis. Kamu dapat mengatur kapan soal akan ditampilkan. Pada akhir kuis, kahoot menampilkan hasil dari kuis, dan kamu dapat melihat skor perolehan yang dikumpulkan oleh siswa atau kelompoknya.

Penggunaan kahoot sebagai salah satu media pembelajaran memang masih sangat jarang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah terutama di indonesia, namun tidak menutup kemungkinan dengan perkembangan teknologi yang terus mengalami perubahan yang signifikan. Penggunaan kahoot sebagai salah satu media pembelajaran akan menjadi pilihan utama guru dalam mengajar, dengan menggunakan kahoot guru dapat menciptakan suasana belajar mengajar yang aktif dan menyenangkan. Kahoot adalah permainan berbasis platform pembelajaran gratis, sebagai teknologi pendidikan. Diluncurkan pada Agustus 2013 dari Norwegia, Kahoot sekarang dimainkan oleh lebih dari 50 juta orang di 180 negara. Dirancang untuk dapat diakses untuk ruang kelas dan lingkungan belajar lainnya di seluruh dunia, Kahoot’s permainan belajar ( “Kahoots”) dapat dibuat oleh siapa saja dan tidak dibatasi untuk tingkat usia atau subjek.

Kelebihan dan Kekurangan Kahoot sebagai media pembelajaran
1. kekurangan

  • Tidak semua guru yang update dengan teknologi
  • Fasilitas sekolah yang kurang memadai
  • Anak-anak gampang terkecoh untuk membuka hal lain
  • Terbatasnya jam pertemuan di kelas
  • Tidak semua guru memiliki waktu untuk mengatur menyusun rancangan pembelajaran dengan kahoot
  1. Kelebihan
  • Suasana kelas dapat lebih menyenangkan
  • Anak-anak dilatih untuk menggunakan teknologi sebagai media untuk belajar
  • Anak-anak di latih kemampuan motoriknya dalam pengoperasikan kahoot

Bermain game Kahoot dirancang untuk pembelajaran sosial, dengan peserta didik berkumpul di sekitar layar umum. Di lingkungan kelas yang khas, ini akan menjadi SmartScreen, papan tulis interaktif, atau monitor komputer. Banyak Kahoots juga dimainkan menggunakan berbagai layar alat seperti Skype, Appear.in dan Google Hangouts. Ketika kahoot diluncurkan, itu akan memiliki PIN yang unik secara acak yang dihasilkan oleh sistem. Menggunakan perangkat apapun dengan web browser, pemain kunjungi situs yang didedikasikan untuk partisipasi kuis, kahoot.it, dan masukan PIN yang unik, dan kemudian memasukkan nama panggilan sebelum diarahkan ke layar tunggu (“lobi”). Ketika julukan semua pemain ‘muncul di lobi, pemimpin kahoot (biasanya guru) klik tombol Start untuk memulai kuis.

Selama gameplay, pertanyaan-pertanyaan dan hingga 4 jawaban pilihan ganda ditampilkan pada layar utama. Setiap jawaban sesuai dengan warna khas dan bentuk. Pada layar perangkat peserta didik, ada paling banyak empat persegi panjang dengan warna dan bentuk pada masing-masing, dan pelajar perlu klik atau tekan pada persegi panjang yang mewakili jawaban yang benar. Desain game adalah seperti bahwa pemain diharuskan untuk sering mencari dari perangkat mereka, yang memungkinkan interaksi sosial dengan guru dan rekan-rekan mereka.

Untuk setiap pertanyaan dijawab dengan benar, sejumlah poin (dengan maksimal 1000, tergantung pada waktu siswa mengambil untuk menjawab pertanyaan) diberikan kepada masing-masing peserta didik. Pada akhir setiap pertanyaan, pelajar melihat skornya saat ini dan peringkatnya di kelas di layar sendiri. Peserta didik dengan 5 nilai tertinggi akan ditampilkan pada leaderboard pada layar utama juga, untuk mendorong persaingan yang sehat di antara pemain. Perangkat yang didukung Dipengaruhi oleh “membawa perangkat Anda sendiri” tren, Kahoot! bertujuan untuk mendukung berbagai web browser dan perangkat mobile melalui antarmuka web, termasuk Android 4.0 atau yang lebih baru dan semua browser web modern. Ada juga aplikasi asli untuk Android yang tersedia, dan menurut Kahoot! aplikasi untuk platform lain yang direncanakan tapi tidak prioritas utama. Ada juga aplikasi untuk iOS dan Android.

Tinggalkan komentar